catatan akhir studi lanjut

Akhir nya studi lanjut ku selesai juga, tak terasa sudah satu tahun berlalu. Cukup banyak rasanya yang bisa diperoleh selama satu tahun ini, tetapi tetap saja ada yang rasanya kurang, entah apa.

Awalnya saya beranggapan selama studi lanjut ini saya bisa lebih fleksibel dan menikmati segala kondisi, ternyata yang ada hampir sama monotonnya seperti waktu kuliah dulu.

Ada beberapa nilai yang ku anggap tidak memuaskan, karena saya tahu kondisi di lapangan seperti apa, tapi saya sudah lama tahu bahwa penilaian itu selalu bersifat relatif dari yang bersangkutan, jadi saya tidak terlalu mau ambil pusing ataupun melakukan protes.  Yang dipastikan target 1 tahun selesai sudah terpenuhi, sehingga biaya yang ada tidak membengkak.

Memikirkan apa yang mesti dilakukan ke depan, kadang muncul rasa kuatir yang besar karena di depan itu adalah hal yang tidak bisa kendalikan, kita cuma bisa merencanakan dan berusaha sebaik-nya.

Ada rencana dan niat untuk melakukan beberapa hal untuk sesuatu yang sifatnya lebih ‘membangun’ jika kembali ke tempat asal, tapi entahlah, kita tentu mesti melihat kondisi disana kan?

Berharap semua akan baik, karena pada dasarnya yang saya cari cuma rasa ‘damai’.

 

 

Tinggalkan Balasan

