Coba Ubuntu 11.04 di Axioo NVE

ubuntu 11.04 classic theme

Hari jumat kemarin baru copy ISO Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) dari seorang mahasiswa 😀 . Sekedar ingin mengganti Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx), menjadi lebih baru *malas upgrade kernel*.

Instalasi yang sangat cepat, kurang dari 20 menit, dan berhubung CD ROM laptop sudah berumur, maka kali ini saya menggunakan USB installation dengan menggunakan UNetbootin.

Seperti biasa untuk hardware yang kurang mendukung Linux, saya memiliki beberapa kekhawatiran.

  • Yang pertama masalah monitor. Untuk Ubuntu 11.04 ini, monitor berjalan dengan baik, tanpa harus menambahkan setting monitor di xorg.conf, layar monitor laptop sudah terdeteksi dengan resolusi 1280×800.
  • Yang kedua masalah audio. Kali ini audio card langsung terdeteksi dengan baik dan sound terdengar dengan baik. Sebelumnya di Ubuntu 10.04, tiba-tiba komputer saya tidak memiliki sound dan saya check audio card tidak terdeteksi, padahal awal instalasasi sound berjalan dengan baik, akhirnya saya biarkan kan saja *malas ngoprek-nya 😛 *.
  • Yang ketiga adalah masalah play video. Pertama kali saya coba untuk play video dengan format (setelah nambah library/codec-nya tentu saja) mp4, flv, etc, tiba-tiba OS (operating system) mengalami restart, ketika saya ulangi lagi untuk play video kembali restart. Katanya permasalahan berada di bagian ouput untuk video. Jadi saya coba buka console mengetik “gstreamer-properties” dan mengganti ouput video-nya. Dan untuk kali ini ketika play video tidak restart lagi.
  • Yang terakhir dan dari dulu bermasalah adalah VGA. Untuk Axioo NVE Series yang menggunakan VGA SIS, blm memiliki driver resmi sepertinya, jadi untuk menjalankan 3D seperti compiz, harus usaha keras seperti dulu. Berhubung saya sedang malas ngoprek, jadi cukup dengan unity 2D saja sudah cukup menarik untuk tampilan desktop-nya 😀 .

ubuntu 11.04 unity 2D themes

Oh ya, untuk modem Sierra u881 sudah langsung terdeteksi 😀 .

Tinggalkan Balasan

