sekilas: jebakan betmen hari ini

Siang tadi saya melihat wall di FB banyak teman-teman yang share link-link aneh dengan nama yang aneh-aneh pula, awalnya saya tidak terlalu perhatikan karena sudah tahu dari awal ini pastinya ‘jebakan betmen’. Dan ketika sore ini saya buka FB lagi buat main CityVille ternyata  makin banyak yang kena 😦 .

yang kena jebakan betmen

yang kena jebakan betmen

 

Kemudian saya browsing-browsing, dan menemukan yang membahas tentang jebakan betmen ini. Dan sepertinya ini teknik yang digunakan spammer untuk berkunjung ke blog-nya dan ‘mungkin’ sekaligus ada yang digunakan untuk mencuri ID facebook korban atau memasukan virus/trojan.

script jebakan betmen

script jebakan betmen

Dilihat dari script yang digunakan apa ada celah pada user_message_prompt di FB mobile ya?

Tapi seperti biasa adalah kekurang waspadaan penggunaan yang terlalu gampang meng-klik suatu link tanpa berpikir apakah link tersebut terlihat mencurigakan atau tidak, atau ini sisi buruk dari fasilitas short URL ?

2 pemikiran pada “sekilas: jebakan betmen hari ini

  1. wah.. bener nih.. kemarin FB saya banyak sampah beginian..
    yang anehnya lagi.. saya gak pernah merasa nge KLIK link sembarangan pun ikutan kena..
    tapi yang muncul bukan seperti gambar diatas.. berbeda.. buruan dah saya delete.. takut yang laen ikutan ngeklik link di status saya.. hmm.. parahh..

Tinggalkan Balasan

